Nama dan NPM : Anindya Purnama Effendi (21213054)
Iren Karina (24213465)
Nopi Duwi Haryati (26213490)
TUGAS MINGGU 1 :
- JELASKAN APA YANG DI MAKSUD BISNIS MENURUT KELOMPOK
ANDA ! DAN BERIKAN 20 CONTOH BISNIS NYATA (UNIVERSAL)
Jawab :
Bisnis
adalah suatu organisasi yang menjual
barang atau jasa kepada konsumen atau sesama
pengusaha bisnis lainnya yang memerlukan pasokan barang maupun jasa darinya
untuk mendapatkan laba.
Contoh bisnis di dunia nyata adalah :
1). Microsoft. 11). Kalbe.
2). Sosro 12). Holcim.
3). Unilever. 13). Apple.
4). Indofood. 14). Mitsubishi.
5). Djarum. 15). Pertamina.
6). Ultra. 16). Toshiba.
7). Prudential. 17). LG.
8). Nestle. 18). Samsung.
9). P & G. 19).
Martha Tilaar.
10).Wings. 20). Honda.
- BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN
JELASKAN MASING2 ALASAN TERSEBUT !
Jawab :
Karena di setiap
negara di dunia, pastilah kita dapat menemukan di dalamnya orang-orang yang
tergerak untuk berbisnis. Karen efek globalisasi pulalah orang-orang masa kini banyak
yang menjadikan bisnis sebagai salah satu mata pencaharian hidupnya.
Begitu pun di Indonesi,
telah terdapat cukup banyak
perusahaan-perusahaan besar yang bergerak pada
bidaang=bidang tertentu, seperti IT, obat-obatan, manufaktur dan lain
sebagainya. Selain mendirikan perusahaan, mereka juga tentunya harus bersaing
dengan perusahaan lain yang bergerak
pada bidang yang sama. Untuk meminimalisir hal tersebut, mereka harus
mempelajari ilmu bisnis terlebih dahulu supaya mereka dapat survive di bidang yang digeluti.
- JELASKAN DENGAN 1 CONTOH NYATA (UNIVERSAL) MENGENAI HAKIKAT BISNIS !
Jawab
:
Hakikat bisnis adalah
usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia ( produk atau jasa ) yang bermanfaat
bagi masyarakat. Contohnya adalah Businessman (Seorang pebisnis) yang akan selalu melihat adanya kebutuhan
masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayani secara baik sehingga masyarakat
menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebisnis akan
mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.
- SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL
BERIKAN ALASAN !
Jawab
:
Lingkungan
Internal
Lingkungan
internal adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi kinerja bisnis
secara langsung. Lingkungan ini terdiri atas
berikut ini.
a. Karyawan (tenaga kerja/sumber daya manusia).
b. Manajemen (keahlian pengelola).
c. Pemegang saham (stakeholders).
d. Modal dan peralatan fisik (dana, mesin, gedung).
e. Informasi.
berikut ini.
a. Karyawan (tenaga kerja/sumber daya manusia).
b. Manajemen (keahlian pengelola).
c. Pemegang saham (stakeholders).
d. Modal dan peralatan fisik (dana, mesin, gedung).
e. Informasi.
Lingkungan
Eksternal
Lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua
komponen, yakni berikut ini.
Lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua
komponen, yakni berikut ini.
a.
Lingkungan khusus
Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Lingkungan khusus, meliputi orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stakeholder), seperti konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor.
Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Lingkungan khusus, meliputi orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stakeholder), seperti konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor.
b.
Lingkungan umum
Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempengaruhi organisasi. Perubahan lingkungan umum biasanya tidak mempunyai dampak sebesar perubahan lingkungan khusus, namun demikian manajer harus memperhatikannya ketika merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan serta mengendalikan aktivitas organisasi bisnis.
Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempengaruhi organisasi. Perubahan lingkungan umum biasanya tidak mempunyai dampak sebesar perubahan lingkungan khusus, namun demikian manajer harus memperhatikannya ketika merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan serta mengendalikan aktivitas organisasi bisnis.
TUGAS
MINGGU 2 :
- JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA) UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
Jawab ::
ü Kita harus memperhatikan factor manusia kelangsungan UKM nantinya
ada atau tidaknya tenaga kerja serta tersedianya konsumen untuk menjadi peminat
atau pembeli
ü Harus memperhatikan Modal, Modal yang disediakan harus mencukupi
jika seseorang ingin mendirikan suatu perusahaan, atau dalam soal ini
mendirikan UKM
ü Mendirikan UKM pun harus memperhatikan letak UKM tersebut terjangkau
dalam pembelian bahan baku, dekat dengan pasar, dekat dengan lingkungan
konsumen yang membutuhkan barang/jasa yg akan dijual dilingkungan tersebut.
- BERILAH MASING – MASING SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
ü PT. Telkomsel Indonesia di Jakarta
ü Stasiun Televisi MNC Groub di Jakarta
ü PT. Jasa Marga di Jakarta
ü PT. Bursa Efek Indonesia di Jakarta
ü PT. Adi Karya di Jakarta
- SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan
Perusahaan terdiri dari 3 golongan tujuan yaitu :
Tujuan Pelayanan Primer
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Tujuan Organisatoris
Tujuan Organisatoris adalah nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.
• Tujuan Pelayanan Kolateral
Tujuan Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari kegiatan perusahaan.
Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat,
misalkan : membayar pajak.
• Tujuan Pelayanan Sekunder
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Namun secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
a. mencapai keuntungan maksimal
b. mempertahankan kelangsungan hidup
c. mengejar pertumbuhan
d. menampung tenaga kerja
Tujuan Organisatoris adalah nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.
• Tujuan Pelayanan Kolateral
Tujuan Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari kegiatan perusahaan.
Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat,
misalkan : membayar pajak.
• Tujuan Pelayanan Sekunder
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Namun secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
a. mencapai keuntungan maksimal
b. mempertahankan kelangsungan hidup
c. mengejar pertumbuhan
d. menampung tenaga kerja
- JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN !
lingkungan
internal perusahaan adalah berbagai hal
atau pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari hari organisasi, dan
mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan, hingga “denyut nadi”
nya organisasi.
Sedangkan
(Lawrence dan William, 1998) mendefinisikan lingkungan
internal perusahaan sebagai suatu
proses dengan mana perencana
strategi mengkaji pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan
pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta
faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai
kekuatan dan kelemahan yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan
peluang dengan cara yang paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam
lingkungan.
- APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN
pengaruhnya
terhadap ekonomi, sosial, politik,
ekologi, pengaruh ekologi biasanya berimbas kepada pencemaran
lingkungan, seperti ait, tanah, udara dan suara. Kalau pengaruh terhadap
ekonomi terjadinya urbanisasi,pertambahan penduduk, pertambahan pajak. Pengaruh
sosialnya adalahsemakin banyaknya kriminalitas dan pengangguran, dan yang
terakhir pengaruh terhadap politik berpengaruh kepada pertahanan keamanan
- JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH
-
Producer oriented approach: Produsen yang
berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar
-
Consumer oriented approach: Konsumen yang
berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh
produsen dari pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar