Selasa, 08 Oktober 2013

Pengantar Bisnis Minggu 1 & 2

Nama dan NPM  : Anindya Purnama Effendi (21213054)
                               Iren Karina (24213465)
                               Nopi Duwi Haryati (26213490)

TUGAS MINGGU 1 :

  1. JELASKAN APA YANG DI MAKSUD BISNIS MENURUT KELOMPOK ANDA ! DAN BERIKAN 20 CONTOH BISNIS NYATA (UNIVERSAL)

Jawab :

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau sesama pengusaha bisnis lainnya yang memerlukan pasokan barang maupun jasa darinya untuk mendapatkan laba. Contoh bisnis di dunia nyata adalah :
            1). Microsoft.               11). Kalbe.
            2). Sosro                      12). Holcim.
            3). Unilever.                 13). Apple.
            4). Indofood.                14). Mitsubishi.
            5). Djarum.                   15). Pertamina.
            6). Ultra.                      16). Toshiba.
            7). Prudential.   17). LG.
            8). Nestle.                    18). Samsung.
             9). P & G.                   19). Martha Tilaar.
            10).Wings.                   20). Honda.
  1. BERIKAN ALASAN MENGAPA ORANG BELAJAR BISNIS DAN JELASKAN MASING2 ALASAN TERSEBUT !

Jawab :
Karena di setiap negara di dunia, pastilah kita dapat  menemukan di dalamnya orang-orang yang tergerak untuk berbisnis. Karen efek globalisasi pulalah orang-orang masa kini banyak yang menjadikan bisnis sebagai salah satu mata pencaharian hidupnya. Begitu pun di Indonesi, telah terdapat cukup banyak perusahaan-perusahaan besar yang bergerak pada bidaang=bidang tertentu, seperti IT, obat-obatan, manufaktur dan lain sebagainya. Selain mendirikan perusahaan, mereka juga tentunya harus bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama. Untuk meminimalisir hal tersebut, mereka harus mempelajari ilmu bisnis terlebih dahulu supaya mereka dapat survive di bidang yang digeluti.

  1. JELASKAN DENGAN 1 CONTOH NYATA (UNIVERSAL) MENGENAI HAKIKAT BISNIS ! 
Jawab :

Hakikat bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia ( produk atau jasa ) yang bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya adalah Businessman (Seorang pebisnis)  yang akan selalu melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang. Dari kepuasan masyarakat itulah si pebisnis akan mendapatkan keuntungan dan pengembangan usahanya.

  1. SEBUTKAN APA SAJA FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL BERIKAN ALASAN !

Jawab :
Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi kinerja bisnis secara langsung. Lingkungan ini terdiri atas
berikut ini.
a. Karyawan (tenaga kerja/sumber daya manusia).
b. Manajemen (keahlian pengelola).
c. Pemegang saham (stakeholders).
d. Modal dan peralatan fisik (dana, mesin, gedung).
e. Informasi.
Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua
komponen, yakni berikut ini.
a. Lingkungan khusus
Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Lingkungan khusus, meliputi orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stakeholder), seperti konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor.

b. Lingkungan umum
Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, sosial budaya, demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempengaruhi organisasi. Perubahan lingkungan umum biasanya tidak mempunyai dampak sebesar perubahan lingkungan khusus, namun demikian manajer harus memperhatikannya ketika merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan serta mengendalikan aktivitas organisasi bisnis.

TUGAS  MINGGU 2 :

  1. JELASKAN BAGAIMANA CARA MENDIRIKAN (BERIKAN LANGKAHNYA)  UKM DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR PRODUKSI
Jawab ::
ü  Kita harus memperhatikan factor manusia kelangsungan UKM nantinya ada atau tidaknya tenaga kerja serta tersedianya konsumen untuk menjadi peminat atau pembeli
ü  Harus memperhatikan Modal, Modal yang disediakan harus mencukupi jika seseorang ingin mendirikan suatu perusahaan, atau dalam soal ini mendirikan UKM
ü  Mendirikan UKM pun harus memperhatikan letak UKM tersebut terjangkau dalam pembelian bahan baku, dekat dengan pasar, dekat dengan lingkungan konsumen yang membutuhkan barang/jasa yg akan dijual dilingkungan tersebut.

  1. BERILAH MASING – MASING  SEBANYAK 5 CONTOH RIIL PERUSAHAAN BERDASARKAN LETAK/TEMPAT
ü  PT. Telkomsel Indonesia di Jakarta
ü  Stasiun Televisi MNC Groub di Jakarta
ü  PT. Jasa Marga di Jakarta
ü  PT. Bursa Efek Indonesia di Jakarta
ü  PT. Adi Karya di Jakarta

  1. SEBUTKAN DAN JELASKAN DENGAN SINGKAT APA YG MENJADI TUJUAN PERUSAHAAN
Tujuan Perusahaan terdiri dari 3 golongan tujuan yaitu :

Tujuan Pelayanan Primer 
Tujuan primer adalah pembuatan barang/jasa yang dijual untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 
Tujuan Organisatoris
Tujuan Organisatoris adalah nilai- nilai yang harus disumbangkan oleh masing-masing atau kelompok individu yang berada pada bagian yang bersangkutan. Tujuan Operasional adalah nilai-nilai yang disumbangkan oleh masing-masing tahap dalam suatu unit prosedur kerja secara keseluruhan.

Tujuan Pelayanan Kolateral 
Tujuan Kolateral Pribadi adalah nilai-nilai yang ingin dicapai oleh individuatau kelompok individu dalam perusahaan. Tujuan Kolateral Sosial ialah nilai-nilai ekonomi yang lebih luas/umum yang diperlukan bagi kesejahteraan masyarakat dan yang dapat secara langsung dihasilkan dari kegiatan perusahaan.
Tujuan Kolateral Sosial bersifat lebih luas untuk kepentingan masyarakat,
misalkan : membayar pajak.

Tujuan Pelayanan Sekunder 
Merupakan nilai-nilai yang diperlukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan primer.
Namun secara umum, tujuan perusahaan dapat berupa :
a. mencapai keuntungan maksimal
b. mempertahankan kelangsungan hidup
c. mengejar pertumbuhan
d. menampung tenaga kerja


  1. JELASKAN APA YG DIMAKSUD LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL SUATU PERUSAHAN !
        lingkungan internal perusahaan adalah berbagai hal atau pihak yang terkait langsung dengan kegiatan   sehari hari organisasi, dan mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan, hingga “denyut nadi” nya organisasi.
Sedangkan (Lawrence dan William, 1998) mendefinisikan lingkungan internal perusahaan sebagai suatu proses dengan mana perencana strategi mengkaji pemasaran, dan distribusi perusahaan, penelitian dan pengembangan, produksi dan operasi, sumber daya dan karyawan perusahaan, serta faktor keuangan dan akuntansi untuk menentukan dimana perusahaan mempunyai kekuatan dan kelemahan yang penting sehingga perusahaan dapat memanfaatkan peluang dengan cara yang paling efektif dan dapat menangani ancaman di dalam lingkungan.

  1. APLIKASIKAN SETIAP VARIABEL LINGKUNGAN INTERNAL  DAN EKSTERNAL BAGAIMANA PENGARUHNYA PADA SUATU PERUSAHAN

pengaruhnya terhadap ekonomi, sosial, politik, ekologi, pengaruh ekologi biasanya berimbas kepada pencemaran lingkungan, seperti ait, tanah, udara dan suara. Kalau pengaruh terhadap ekonomi terjadinya urbanisasi,pertambahan penduduk, pertambahan pajak. Pengaruh sosialnya adalahsemakin banyaknya kriminalitas dan pengangguran, dan yang terakhir pengaruh terhadap politik berpengaruh kepada pertahanan keamanan

  1. JELASKAN PERBEDAAN PRODUCER ORIENTED APPROACH DAN CONSUMER  ORIENTED APPROACH
-         Producer oriented approach: Produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar
-         Consumer oriented approach: Konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar